Monday 21 February 2011

Cara Cepat Menyelesaikan Soal Hitungan Dengan Metode Angka Belakang

Metode ini sebenarnya sudah lama ada namun tidak pernah diajarkan dalam kurikulum formal, karena metode ini hanya menyajikan cara cepat dalam penyelesaian soal. Namun saya rasa metode ini harus diberikan kepada siswa terutama siswa Sekolah Dasar sebagai alternative penyelesaian soal dengan cepat dan tepat yang bisa diaplikasikan ketika ujian. Metode ini saya sebut metode angka belakang, metode ini bisa diplikasikan pada soal soal perkalian dan pembagian, namun dengan syarat angka belakang dari pilihan jawaban soal tersebut haruslah tidak sama.
Contoh soal perkalian:
276 x 174 =….
a. 45019 b. 42328 c. 48024 d. 45155
Jika kita menghitung secara manual maka akan menyita waktu yang agak lama. Dengan metode “angka belakang” yang kita kalikan cukup angka belakang dari kedua bilangan, yaitu 6 dan 4, di mana hasil kali dari 6 x 4 = 24, Berarti kita cukup melihat pilihan jawaban yang angka belakangnya 4, dan jawabannya berarti C, mudah bukan!
Contoh soal pembagian:
1134 : 27 =….
a. 34 b. 42 c. 27 d. 44
Jika pada soal pembagian seperti ini, maka caranya ialah kebalikan dari cara yang pertama tadi, caranya yaitu kita lihat angka belakang dari bilangan yang lebih kecil, yaitu 27 di mana angka belakangnya 7, maka penyelesaiannya ialah kita mencari bilangan yang angka belakangnya apabila dikali 7 itu hasil angka belakangya 4, dari keempat jawaban yang tersedia jawabannya ialah 42, di mana 7 jika dikali 2 = 14, berarti jawabannya b….
Namun metode ini memiliki kelemahan, yaitu apabila pilihan jawabannya anga belakangnya ada yang sama maka kita harus menghitungnya, namun jangan khawatir karena seringkali soal ujian memberikan pilihan yang angka belakangnya berbeda semua.Dan metode ini bisa diterapkan pada soal soal terapan hitungan yang lain seperti pada fisika atau kimia…….selamat mencoba

Ilmuhanif.blogspot.com

1 comments:

Post a Comment

Leave Comment Please