Monday 14 February 2011

Cara Makan Laba Laba


Cara Makan Laba Laba


Laba-laba merupakan salah satu jenis hewan dari filum Arthropoda di mana hewan yang masuk kelas ini mempunyai kaki yang beruas ruas. Meskipun berukuran kecil namun laba laba merupakan predator karena menggunakan jaring yang dibuat sendiri untuk memerangkap serangga untuk di makan.
Dalam jaringnya laba-laba tidak terperangkap karena laba laba mempunyai kelenjar minyak anti rekat di kakinya. Nah,,yang menjadi pertanyaan sekarang ialah bagaimana cara laba laba memakan mangsanya? Sering kali dikupas di buku buku Biologi bahwa laba laba bersembunyi menanti mangsanya di dekat jaringnya dan keluar cepat cepat bila mangsa terperangkap.
Akhirnya saya menemukan jawaban atas pertanyaan bagaimana cara makan laba laba yang kiranya bisa saya pertanggung jawabkan. Suatu pagi pada tanggal 6 februari 2011 saat saya membersihkan bunga Euphorbia koleksi saya, saya menemukan jaring laba laba dan pada saat itu laba labanya pas berada di tengah, lalu muncul keisengan saya untuk memberi makan laba laba tersebut agar saya mengetahui lebih detail cara makan laba laba (kurang kerjaan ya) Saya lalu menangkap 2 ekor semut yang masih hidup dan 1 ekor nyamuk yang sudah mati, lalu saya taruh di jaring laba laba dengan jarak yang tidak terlalu jauh satu sama lain.
Setelah saya menunggu sekitar 5 menit dan tidak terjadi reaksi dari laba laba tersebut saya akhirnya pergi, (mungkin laba laba tersebut masih malu) Namun saat 3 menit kemudian saya kembali dan melihat reaksi laba laba tersebut, semut yang saya taruh paling dekat dengan laba laba ternyata sudah menjadi gumpalan putih, rupanya semut tersebut telah terbungkus oleh jaring yang ditembakkan oleh laba laba. Persis seperti saat Spiderman menembakkan jaringnya ke musuhnya dan membuat musuhnya terperangkap dan tidak bisa bergerak. Subhanallah, kemudian semut yang yang sudah terbungkus jaring tersebut ditarik secara perlahan oleh laba laba dengan mulutnya.
Kemudian semut tersebut secara perlahan dimasukkan ke dalam mulut dengan bantuan sepasang pedipalpus yang berbentuk seperti antena dan berfungsi seperti tangan yang memasukkan makanan ke dalam mulut. Dan peristiwa tersebut juga terjadi pada semut kedua dan nyamuk yang saya tangkap, akhirnya saya berhasil menjawab pertanyaan bagaimana cara makan laba laba?Anggapan saya selama ini bahwa laba laba akan menghampiri mangsanya yang sudah terjebak dan langsung memakannya, namun anggapan saya ternyata keliru, justru hal tersebut akan merusak jaring laba laba itu sendiri.


ilmuhanif.blogspot.com

0 comments:

Post a Comment

Leave Comment Please