Saturday 5 July 2014

2 Amerika vs 2 Eropa di 4 Besar Piala Dunia




          Sesuai dengan prediksi banyak  pihak bahwa Brasil, Jerman, Argentina dan Belanda yang mampu lolos ke fase semifinal piala dunia 2014.  Hasil ini semakin menegaskan “settingan” semifinal idaman di edisi piala dunia kali ini. Hasil ini juga seolah juga menghidupkan peluang team asal amerika untuk meneruskan tradisi menjadi juara di benua sendiri. Namun peta kekuatan yang berimbang juga memberikan peluang bagi Jerman dan Belanda yang notabene mewakili kekuatan sepakbola Eropa.Dan uniknya fase semifinal kali ini tersaji dua pertarungan antara dua negara amerika melawan dua negara Eropa.
          Kontestan pertama yang memastikan lolos ke semifinal adalah Tim Panser Jerman. Kemenangan meyakinkan atas Prancis semakin menegaskan status Jerman sebagai team spesialis turnamen. Jerman juga mengukir rekor dengan selau lolos ke fase semifinal sejak piala dunia 2002.  Di Fase semifinal Jerman akan menghadapi tuan rumah Brasil yang mampu lolos dari lubang  jarum setelah berhasil mengandaskan perjuangan Kolombia. Partai ini merupakan ulangan final piala duniaa 2002 dimana pada saat itu Brasil mampu mengandaskan Jerman dengan dua gol Ronaldo luiz da Lima. Namun Brasil yang sekarang berbeda dengan Brasil 12 tahun lalu, ciri khas joga bonito atau sepakbola indah sudah mulai berkurang. Apalagi maestro joga bonito masaa kini yaitu Neymar tengah cedera, sehingga dipastikan Brasil akan berjuang ekstra untuk melawan kekuatan Taktis milik tim Panser serta menghadapi  tekanan psikologis dari suporter tuan rumah.
          Duel Amerika versus Eropa jilid kedua tersaji antara Team Tango Argentina dengan Der Oranje Belanda. Kedua team sama sama menyapu bersih laga mulai fase penyisihan sampai babak knock out. Bahkan Belanda sempat  membuat kejutan dengan meluluh lantahkan sang juara bertahan Spanyol dengan telak skor 5-1. . Kekuatan Belanda selain ada pada kekuatan fighting spirit para pemain mudanya juga terletak pada performa menakutkan dari duet RVP dan Robben. Sementara itu di pihak Argentina faktor ketergantungan kepada Lionel Messi mulai berkurang dengan berhasilnya Di Maria dan Higuain mencetak gol. Namun yang perlu digaris bawahi pada partai ini adalah duel penentuan trio penyerang mana yang lebih maut antara RVP-Robben-Snejder dengan Messi-Lavezzi-Higuain milik Argentina.
          Menarik suntuk mengetahui team mana yang lebih berjaya, team dari benua amerika atau team dari benua eropa? Mana yang akan lebih unggul Antara pola penyerangan sporadis ala Amerika Latin atau pola penyerangannn taktis ala benua biru Eropa? Lalu mana yang lebih jumawa antara permainan skill Individual ciamik khas amerika latin atau permainan kolektif ala Eropa?manakah yang terwujud antara All American Final atau All Europian Final layaknya liga champions yang menyajikan all spanish final?atau justru tetap Tajuk Amerika lawan Eropa?  kita tunggu saja hasil akhir semifinalnya.
         
         

1 comments:

  • Anonymous says:
    6 July 2014 at 23:05

    Saya menjagokan Brazil untuk menang melawan Jerman nantinya dan bertemu dengan Belanda di Babak Final (;

Post a Comment

Leave Comment Please