Wednesday 2 July 2014

4 Amerika vs 4 Eropa di 8 Besar Piala dunia




            Piala dunia 2014 telah menyelesaikan fase penyisihan grup dan fase knock-out 16 besarnya. Banyak kejutan yang terjadi selama fase tersebut,mulai dari  tersingkirnya juara bertahan Spanyol,kemudian kejutan besar saat di  grup neraka justru tim semenjana  K osta Rika yang menjadi juaranya serta menyingkirkan favorit  juara  Inggris dan juga  Italia dan tak luput pula saat Amerika Serikat dan Aljazair mampu menyisihkan  Portugal dan Rusia yang  notabene lebih difavoritkan untuk  lolos  ke fase  selanjutnya.
            Ada sebuah fakta menarik di babak 8  besar edisi Piala Dunia kali ini,  yaitu kedelapan kontestan merupakan juara  di masing  masing grup.  Hal  ini menandakan jika  memang  ke 8 kontestan ini merupakan negara yang paling siap untuk menjuarai piala dunia. Contohnya saja performa gemilang  sejak babak kualifikasi oleh beberapa negara seperti Jerman,Belgia,Argentina dan Kolombia terus berlanjut hingga putaran final berlangsung. Walaupun pada babak 16 besar kenyataannya hanya Pra ncis da n Kolombia yang mampu menang meyaki nkan  atas lawannya. Sedangkan tim tim  besar seperti Brasil,Argentina,Belgia sampai Jerman harus  melewati  babak perpanjangan waktu untuk menang atas lawannya.
            Secara tidak sengaja Eropa dan Amerika sama sama menempatkan 4 wakilnya di 8 besar Piala dunia. Sebenarnya waakil Amerika bisa saja bertambah apabila tidak terjadi derby amerika di babak 16 besar seperti yang terjadi pada saat Brasil melawan Chile dan Kolombia bertemu Uruguay. Salah satu faktor yang disebut sebut sebagai penyebab kegagalan Tim Benua Biru adalah panasnya cuaca di Brasil. Apalagi berbeda dengan Piala Dunia 2010 Afsel yang sebagian besar pertandingannya digelar malam hari pada Piala Dunia Brasil pertandingan kebanyakan digelar pada siang hari di mana mana cuaca sedang terik teriknya. Sampai sampai Claudio Marchisio menyatakan kalau dirinya berhalusinasi saat pertandingan melawan Inggris,
            Terlepas dari faktor cuaca, performa tim tim asal Amerika saat ini memang sedang menanjak. Bahkan Kostarika mampu membuat kejutan dengan lolos ke 8 besar dengan mengandalkan materi pemain yang berlaga di Eropa seperti  Joel Campbell dan Brian Ruiz. Namun publik akan menunggu apakah kejutan KostaRika masih akan berlanjut saat melawan Belanda yang mulai meninggalkan total footballnya dan beralih ke sepakbola efektif . Secara keseluruhan 8 besar kontestan meruapakan team yang berkarakter menyerang dan memiliki produktivitas gol yang baik menggugurkan tim tim defensif yang notabene bermain membosankan seperti meksiko nigeria dana yunani.
            Patut kita tunggu kolektivitas ala Eropa akan diadu dengan permainan skill individu pemain Khas Amerika Selatan. Menarik pula siapa yang akan mendominasi apakah wakil Eropa atau Amerika yang keluar sebagai pemenanganya. Laga Argentina melawan Belgia misalnya,kekurangan lini tengah Argentina akan coba dimanfaatkan oleh kreativitas para gelandang generasi emas Belgia seperti Edin Hazard dan Fellaini. Lalu jangan lupakan duel pembuktian duet mana yang lebih maut antara Brian Ruiz dan Campbell milik Kostarika dengan duet RVP-Robben miliki Belanda? Serta masih ada juga adu magis antara James Rodriguez dengan Neymar di mana sang tuan rumah sedang mendapatkan tekanan yang fantastis. Namun sebelumnya laga 8 besara akan dimulai dengan laga antara generasi baru Prancis dengan team mapan penuh pengalaman pebuh pengalaman milik Jerman. Kiranya menarik untuk ditunggu apakah skenario semifinal Brasi versus Jerman dan Belanda versus Argentina akan terjadi?

0 comments:

Post a Comment

Leave Comment Please