Monday 22 November 2010

Tips Belajar part 2


Strategi Belajar Buat yang Tidak Ikut Bimbel di Luar Sekolah


          Jangan minder dan berkecil hati jika kalian tidak  mengikuti bimbel di luar.Kalian jangan merasa tidak bisa, belum tentu yang ikut bimbel bisa lebih pintar dan mengerti dari pada  kalian. Berikut ada strategi belajar efektif untuk kalian yang bisa kalian terapkan di rumah walaupun kalian tidak mengikuti bimbingan belajar di luar.
©     Usahakan membaca materi pelajaran keesokan hari saat menyiapkan jadwal pelajaran besok ,hal ini akan membantu kamu dalam memahami materi pelajaran tersebut.Paling tidak kamu sudah tahu materi yang akan diajarkan.
©     Setelah diterangkan materi tersebut usahakan baca dan pahami sekali lagi untuk menambal kekurangan pada saat diterangkan.Di bimbel kan intinya juga mengulang pelajaran pagi, yang belum paham diulang kembali.
©     Jangan memaksa diri untuk belajar  terus menerus, saat mulai terasa jenuh cobalah untuk rileks beberapa saat. Rileks bisa diartikan istirahat sebentar un tuk sekedar refreshing otak. Hal ini kurang bisa dilakukan oleh anak yang ikut bimbel. Bayangkan saja sepulang sekolah mereka sudah harus siap berangkat untuk bimbingan. Padahal mungkin mereka masih merasa capek.
©     Ciptakan suasana belajar senyaman mungkin, caranya kalian  bisa ajak teman-temanmu untuk belajar bersama.Suasana itulah yang diciptakan di sekolah formal dan  bimbingan belajar agar siswa terpacu dan termotivasi untuk belajar.
©     Ambil waktu belajar dini hari, dimana suasana masih hening dan tidak ada yang menganggu konsentrasi belajar kita seperti suara radio dan bunyi TV. Suatu penelitian di Inggris menyebutkan bahwa jam 3 sampai jam 5 pagi merupakan waktu yang paling efektif  untuk belajar karena otak masih dalam keadaan fresh dan belum terkontaminasi.
©     Jangan lupa awali dan akhiri belajarmu dengan doa disertai niat untuk mencari ilmu.
Itulah strategi yang bisa diterapkan oleh anak yang tidak mengikuti bimbingan  belajar di luar. Sebenarnya strategi ala bimbingan belajar bisa kita terapkan sendiri di rumah. Namun strategi tersebut tidak akan berhasil apabila tidak disertai dengan niat serta kepercayaan diri. Semangat untuk kalian,kalian pasti BISA!

1 comments:

Post a Comment

Leave Comment Please