Saturday 18 December 2010

Alasan Dinamakan Jemblung


Terdapat 3 pendapat yang dirujuk dalam alasan penamaan Jemblung. Pendapat pertama diambil berdasarkan bunyi yang dihasilkan oleh instrumen yang mengiringi cerita Jemblung. Pendapat yang kedua berdasarkan nama salah satu tokoh cerita Menak yakni Jemblung Umar Madi. Menurut pendapat yang pertama, instrumen terbang Jemblung yang berukuran besar apabila di pukul menghasilkan suara Blung…..Blung….Blung. oleh karena itu seni bercerita yang menggunakan terbang yang berukuran besar itu disebut Jemblung.
Pendapat yang kedua bermula dari cerita menak bernama Umar Madi. Umar Madi mempunyai badan besar dan perut buncit. Orang yang mempunyai potongan seperti itu diberi sebutan Njemblung. Sehingga nama Umar Madi menjadi Jemblung Umar Madi sehingga seninya diberi nama Jemblung (Wawancara, 2 Mei 2009)
Sedangkan pendapat ketiga menyatakan kalau nama Jemblung diambil dari keadaan masyarakat Kediri yang gemblung (bodoh) setelah ditinggal oleh Jayabaya mereka menjadi menyembah danyang dan kembali ke aliran dinamisme. Melihat itu Sunan Bonang mengakulturasi kesenian Kentrung yang sudah berkembang di Kediri dengan menambah instrument Jidor sehingga disebut kesenian Jemblung yang berawal dari keadaan masyarakat Kediri (Wawancara, 26 Mei 2009)

0 comments:

Post a Comment

Leave Comment Please